Jakarta, September 2013 - Industri permainan dunia
terus berkembang pesat. Di Indonesia, jumlah pemain, vendor dan pembuat game semakin
bertambah, seiring dengan permintaan akan video game atau permainan
tertentu yang tak pernah surut. Hal ini memperlihatkan bagaimana industri game sangat
diminati oleh masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri merupakan pasar yang
sangat menjanjikan, bahkan paling menjanjikan dibanding dengan wilayah Asia
Tenggara lainnya, dengan lebih dari 15 juta penggila game online
tentu terbayang bagaimana menggiurkannya industri gaming yang mulai
memasuki pasar Indonesia sejak awal 1980-an dan berkembang pesat sejak awal
tahun 2000-an ini.
Berkembangnya dunia yang tidak hanya
menarik perhatian publik dari semua usia
ini kembali mendorong Dyandra Promosindo menggelar Jakarta Game Show
(JGS), memasuki tahun ke-3 penyelenggaraannya, pameran berbasis IT yang
berkonsentrasi pada industri permainan baik digital maupun tradisional ini akan
mengusung tema ”Brings The Future of Gaming”, Jakarta Game Show 2013 akan
menggambarkan cerahnya industri permainan di masa mendatang.
Bukan Pameran Game Biasa...
Dengan pertumbuhan mencapai 30% ditahun 2012, tahun ini
industri game Indonesia diprediksi akan terus bertumbuh, dan dengan
lebih dari 200.000 potential buyer yang akan meramaikan pameran tahun
ini JGS menjadi momentum yang sangat potensial untuk kegiatan branding maupun retail industri game, sebagai
catatan pameran JGS di tahun lalu berhasil menarik lebih dari 213 ribu
pengunjung selama 5 hari penyelenggaraannya. Tanggal pelaksanaan yang bersamaan
dengan pameran eletronik terbesar di akhir tahun ini, Indocomtech 2013 juga
akan menjadi alasan menarik pengunjung datang ke acara yang akan digelar 30
Oktober – 3 November 2013 mendatang.
Pameran yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center
ini akan dimeriahkan oleh serangkaian acara seperti IESL Indonesia Qualifiier
to Asian Cyber Game merupakan produk kompetisi professional yang
pertama di hadirkan oleh Digitalife pada tahun 2013. apa itu IESL seperti
kebanyakan kompetisi profesional lain di dunia mempertandingkan competitive
gaming yang berhubungan dengan jenis real-time strategy (RTS), fighting,
first-person shooter (FPS), massively-multiplayer online (MMOG), racing
and multiplayer online battle arena (MOBA), yang pada tahun 2013 ini
bekerjasama dengan e-Club Malaysia pemegang lisensi Valve-Steam dengan
menghadirkan 2 judul game yaitu DOTA2 dan CS-GO. Kompetisi IESL ini
berafiliasi dengan kompetisi regional asia seperti Armagedon Dota2 Grand Slam
Asia
(ADGSA) dan Asia Cyber Game (ACG) yang memungkinkan
mengirimkan gamer Indonesia ketingkat internasional dengan sistem penyisihan
mengunakan kompetisi IESL. Berikut detail kualifkasinya 1st Qualification: 8-9
June 2013 di Mall Alam Sutra Tangerang dan 2nd Qualification: 2 - 15 September
2013 | Mall Tangerang City (Tangcity). Untuk finalnya akan di selenggarakan di
Jakarta Game Show 2013, Plenary Hall 30 October – 03 November 2013 dengan
peserta 100 team Dota2 dan 10 Team CSGO. dan EGCL-National Cup, membuat acara
Jakarta GameShow 2013 sekaliber “TGX
@Singapore”
dengan adanya roadshow yang diadakan sebelum pelaksanaan JakartaGames
Show.
Selain itu pada Jakarta Game Show tahun ini juga akan diramaikan oleh Trick Art yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat umum, Trick Art itu sendiri lukisan gambar 3D dan akan dipajang pada pameran Jakarta Game Show 2013. Trick Art ini akan hadir selama
5 hari Pameran berlangsung, bagi para pengunjung yang ingin berfoto dan melihat-lihat lukisan 3 dimensi ini akan dikenakan biaya namun bagi para pengnjung yang beruntung pihak organizer dan pihak trick art akan memberikan tiket masuk gratis ke booth Trick Art kepada para pengunjung yang beruntung. Kupon gratis ini akan didapatkan ketika para pengunjung membeli ticket masuk indocomtech dan kupon ini bersifat terbatas.
Pada Jakarta Game Show 2013 inipun juga akan tetap diramaikan oleh penampilan cosplay yang beraneka ragam dan berpenampilan unik layaknya seperti animasi pada game anime. Tema yang akan diambil nanti pada acara cosplay bertemakan mengenai animasi game, dimana nanti akan ada segerombolan para pencinta cosplay yang menggunakan busana lalu mempertunjukan atraksi kebolehan mereka diatas panggung. Cosplay ini akan dilombakan dan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dan kenang-kenangan dari pihak organizer.
Masuk ke area lorong selasar pada planery hall juga akan ada playground untuk anak-anak, playground ini atau booth tempat bermain anak bertujuan untuk bagi para pengunjung yang akan mengunjungi Pameran indocomtech dan Jakarta game show membawa keluarga mereka dan memiliki anak berusia dibawah 10 tahun dapat mengajak anak-anak mereka untuk bermain sejenak didalam playground tersebut ataupun dapat serta dititipkan di dalam area bermain ini. Selain taman bermain, organizerpun mengadakan lomba mewarnai yang akan dilaksanakan pada hari minggu, lomba mewarnai ini akan di ikuti oleh sejumlah anak- anak sd yang merebutkan sejumlah uang dan juga berhadiah thropy.
Indonesia Tekken battle, komunitas yang akan diselenggarakan oleh advance guard ini juga akan menjadi salah satu acara yang akan ikut meramaikan dalam Pameran Jakarta Game Show 2013 nanti. Memiliki konsep battle dan fighting advance guard kali ini juga akan melakukan kegiatan coaching clinic dan workshop bagi para komunitas game dan juga para pengunjung Jakarta Game Show 2013. Selain workshop, advance guard juga membuat sebuah kompetisi nasional yang bersifat battle tekken dan kompetisi ini juga akan merebutkan sejumlah hadiah yang berupa cash money ataupun thropy. Acara yang bergengsi ini akan diikuti oleh sejumlah komunitas-komunitas para pencinta game yang berbau battle game. So, bagi para pencinta battle game sayang sekali jika tidak mengikuti lomba ini atau menghadiri workshop yang diberikan oleh pihak advance guard.
“Bukan hanya menampilkan produk game terkini, JGS juga menghadirkan beragam kegiatan yang sayang untuk dilewatkan oleh para gamer di Indonesia," kata Dwi Putri Winahyu, Manager IT Division Dyandra Promosindo.
Untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai penyelenggaraan pameran yang akan membuka banyak pintu kesempatan bagi para
developer games lokal maupun luar negeri ini, jangan lupa untuk
follow akun twitter resmi pameran Jakarta
Game Show 2013
@GamesExpo dan Indocomtech
@computer_expo. Kunjungi pula website resmi pameran JGS di
www.indocomtech.net.